Daya Tarik Wisata Di Kecamatan Bangli Kab. Bangli

DAYA TARIK WISATA DI KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI


       
Daya Tarik Wisata yanfg terdapat di kecamatan Bangli antara lain :
Daya Tarik Wisata Alam/Buatan :


  1. Daya Tarik Wisata Air Terjun Kuning 
  2. Daya Tarik Wisata Air Terjun Dedari
  3.  Daya Tarik Wisata Tracking Guliang Kangin
  4.  Daya Tarik Wisata Ekowisata Bukit Bangli 
  5. Daya Tarik Wisata Bali Woso
  6.  Daya Tarik Wisata Water Boom Sidembunut 
  7. Daya Tarik Wisata Twin Hill 
  8. Daya Tarik Wisata Oemah Strawberry (Ayodya) 
  9. Daya Tarik Wisata Stone Garden 
  10. Daya Tarik Wisata Kolam Renang Seganing

Daya Tarik Wisata Budaya/Relegi :


  1.  Daya Tarik Wisata Pura Kehen 
  2. Daya Tarik Wisata Pura Tirta Sudamala 
  3. Daya Tarik Wisata Pura Bukit Jati
  4.  Daya Tarik Wisata Taman Sari 
  5. Daya Tarik Wisata Pura Taman Bali Raja (Taman Narmada)
  6.  Daya Tarik Wisata Pura Dalem Jawa (Langgar)
  7.  Daya Tarik Wisata Pancoran Solas
  8.  Daya Tarik Wisata Penglukatan Pura Beji Selati 
  9. Daya Tarik Wisata Desa Adat Pengotan
  10.  Daya Tarik Wisata Desa Wisata Penglipuran 

  1. AIR TERJUN KUNING 
Air Terjun Kuning Terletak di Dusun Kuning, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli, jarak Lokasi Air terjun Kuning dari Kota Kabupaten + 2,5 Km. Selain potensi air terjun juga memiliki panorama alam yang indah dan air terjun berbatasan dengan kabupaten Klungkung dengan batas Tukad Melangit, selain itu juga terdapat pesiraman untuk melukat dan pembersihan pretima bagi pura setempat.
Lokasi          : Dusun Kuning, Desa Taman Bali
Nama DTW  : Air Terjun Kuning dan Pesiraman
(Pengelola STT Shanti Yowana Desak  Dewi No. Hp 085738408724)



 

 

        2. AIR TERJUN DEDARI  


Air Terjun Dedari Terletak di Dusun Jelekungkang Desa Taman Bali, jarak dari ibu Kota Kabupaten sekitar ± 5 Km kearah selatan, panorama di daerah obyek ini sangat indah dengan panorama alamnya latar belakang bukit yang merupakan wilaya Kabupaten Kelungkung serta dengan tukad Melangit sebagai batas, dan terdapat pesiraman untuk melukat atau melasti pembersihan pretima pura disekitarnya
Air Terjun Bidadari dikelola (Kelompok STT, Koordinator I Ketut Puma,
No. Hp 085792859100) .








      3. GULIANG KANGIN 

Daya Tarik Wisata Guliang Kangin merupakan tempat tracking yang memanfaatkan view alam dan persawahan sebagai jalur tracking, wisatawan dapat berkeliling dilokasi yang telah dirabat mengelilingi areal persawahan. Lokasi DTW ini berbatasan dengan Kabupaten Gianyar dan jarak dari kota Kabupaten ke lokasi kira-kira 7 Km. Jika selesai berkeliling telah disediakan tempat istirahat dan restoran dan tamu wisatawan juga diberikan klas memasak. Desa Taman Bali, Br Guliang Kangin, Kec. Bangli,  Tracking Bali Rural Commune Wayan Budiarsa Hp. 081239909006 






      4. EKOWISATA BUKIT BANGLI

Ekowisata Bukit Bangli merupakan daerah hulu atau pincak dari kota Bangli. Ekowisata Bukit Bangli memiliki suasana asri dengan pemandangan alam yang sangat Indah dan dapat melihat kota bangli dan sekitar secara jelas dari puncak bukit. areal ini terdapat Pura yang disakralkan yaitu Pura Puncak Hyang Ukir. Lokasi Ekowisata Bukit Bangli berada di Kelurahan Cempaga dengan jarak 2 Km dari Kota Bangli. Pengelola Pok Darwis Giri Manik Bangli, Ketua Ketut Wahya (085237764990)



 

 5. BALI WOSO


DTW Bali Woso terletak tidak jauh dari Desa Adat Pengotan, berlokasi di sebelah selatan Desa Pengotan, DTW ini memanfaatkan lapangan terbuka dengan keindahan alam yang asri dengan lapangan terbuka hijau lebih banyak, serta mengajak wisatawan untuk berinterkasi langsung dengan penduduk setempat. Untuk penginapan dipergunakan tenda-tenda dengan fasilitas seperti hotel. DTW Bali Woso mengedapankan konsep alam. Jarak dari Kota Kabupaten kira-kira 16 Km.

Bali Woso

I Wayan Nyarka No. Hp 081555334545

I Wayan Bayer No. Hp 081337279741



6. WATER BOOM SIDEMBUNUT

Water Boom Sidembunut merupakan DTW baru dan buatan yang dimiliki oleh perorangan, DTW ini mengedepankan sarana bermain anak-anak (Taman Rekreasi Air/ Wisata Tirta) dan juga dilengkapi sarana warung kuliner dan areal ATP. Lokasi DTW ini terletak di Banjar Sidembunut arah menuju timur menuju Karangasem dengan jarak kira kira 3 Km dari Kota Bangli.

 

Water Boom Sidembunut

Nama Pemilik/pengelola Desak Putu Arsini

(Ida Bagus Mudarma) Hp. 085237067111







7. TWIN HILL

Twin Hill merupakan obyek wisata baru yang dikelola STT sekitarnya dan merupakan areal dari Pura Batu Madeg yang bersebelahan dengan Pura Bukit Jati, bisa dikatakan masih satu areal, daya tarik wisata Twin Hill mengedepankan view panorama alam yang dipadukan dengan berbagai sport untuk berswafoto. DTW Twin Hill berbatasan dengan Kabupaten Gianyar dengan jarak kurang lebih 8 Km dari pusat Kota Kabupaten Bangli.

 

Twin Hill Pokdarwis Guliang Kawan

Ketua Sang Ketut Deby

Pemberi Informasi

Sang Nyoaman Wirawan Hp. 087761292054








8, OEMAH STRABERRY

Daya tarik wisata Oemah Strawberry berlokasi di Desa Pengotan dan posisinya berada di jalur Pengotan Kintamani, Daya Tarik ini menawarkan tempat arena bermain anak-anak yang didalamnya terdapat taman bermain, dan lapangan terbuka serta duplikat tugu jogja dan menara eiffel. Lokasi Oemah Strawberry berjarak kurang lebih 15 Km dari pusat Kota Kabupaten Bangli.

 

Oemah Strawberry (Ayodya)

pemilik Raden Ajeng Ayu Citra Resminingrum Hp 087839918777









9. STONE GARDEN

 

Stone Garden merupakan Daya Tarik Wisata buatan dan juga berlokasi berdekatan dengan daya Tarik Wisata Twin Hill. Jarak dari kota Kabupaten Bangli lebih kurang 8 Km. DTW ini menyajikan arena bermain dan menyajikan taman batu yang ditata. Serta tempat stand makanan bagi pengunjung, selain itu pemandangan dari lokasi ini sangat menarik bisa melihat twin hill dan view sawah.

 

Stone Garden Pemilik Putu Rukiyanto Pemberi informasi Sang Nyoaman Wirawan Hp. 087761292054

 






10. PURA KEHEN 

Pura ini merupakan Pura tertua di Kota Bangli dan menjadi salah satu Cagar Budaya Nasional (UU RI No 11 Tahun 2010), luas areal Pura Kehen lebih kurang 1,5 Hektar. Pura Kehen dalam tata ruang menganut konsep Tri Mandala (Utama Mandala, Madya Mandala, Nista Mandala) yang dibatasi dengan tembok. DTW Pura Kehen merupakan pura terbesar di Kota Bangli dan memiliki ornament yang sangat tua dan lama dengan keunikan berupa sejumlah piring kuno buatan Tiongkok yang dipasang sebagai hiasan pada tembok penyengker, jarak dari Kota Kabupaten sekitar 1,5 Km


Pura Kehen

(Pengelola Pok Darwis Giri Manik, Ketua

Ketut Wahya, Pemberi Informasi I Putu Mahardika Hp 085739440845







11. TIRTA SUDHAMALA

Daya Tarik Wisata Tirta Sudamala merupakan daya tarik wisata religius yang terletak di Kelurahan Bebalang, Lingkungan Sedit, DTW ini merupakan DTW yang paling dekat Kota Bangli letaknya kira-kira 1 Km kearah selatan/ barat daya Kota Bangli. Tempat ini selain sebagai tempat penglukatan juga merupakan tempat pesucian untuk pretima bagi pura-pura disekitar Kota Bangli. Panorama alam dan persawahan di wilayah ini sangat indah dan cocok dipergunakan untuk tracking.

 

Tirta Sudamala

Pengelola Pokdarwis, dan Adat I Nengah Armada Hp 081338394678






  12. DTW BUKIT JATI

Daya Tarik Bukit Jati merupakan areal Pura Subak atau Pura Ulun Suwi yang terletak di wilayah Desa Bunutin dan diempon oleh Banjar Dinas Guliang Kawan Desa Bunutin, wilayah Kawasan Pura Bukit jati sekitar 5 hektar dengan panorama alam berupa sawah dan view laut. Jarak dari ibu kota Kabupaten kearah selatan lebih kurang 7 km.

 

DTW Bukit Jati Pengempon

(Jro Gede Nengah Sudana No. Hp

08527106809 Kelian Dusun Nengah Sutakta Hp. 08873819070)

 



13. DTW TAMAN SARI 

DTW Taman Sari merupakan areal Pura Taman Sari yang berada diwilayah Banjar Sidembunut dengan jarak kira-kira 5 Km dari pusat kota Kabupaten Bangli. Panorama di daerah ini sangat bagus dengan perbukitan yang ditumbuhi ilalang, dan daerah ini merupakan tempat suci yang dipergunakan untuk melasti mensucikan pretima. Dan di areal pura terdapat tempat pesiraman.

 

Taman Sari

(Pengelola pengempon Pura Kehen,

pemberi informasi I Ketut Gantijasa Hp. 085237882691)



14. DTW TAMAN BALI RAJA (TAMAN NARMADA)


Taman Bali Raja merupakan peninggalan kerajaan Taman Bali dan memiliki mitologi ada kaitanya dengan Pura Tirta Harum,Pura Jro Puri, Pura Dalem Tengaling dan Pura Penataran Agung Taman Bali, pura ini terletak ditengah- tengah kolam dengan luas kurang lebih 86 are dengan areal persawahan, jarak lokasi pura kira-kira 1,5 km dari kota Bangli.

 

Pura Taman Bali Raja (Belum ada Pengelola dan pemberi onformasi Kelian I dewa Gede Ngurah Hp. 085238444520)


15. DTW PURA DALEM LANGGAR

Pura Dalem Jawa (Langgar) terletak di Desa Bunutin, lebih kurang 3 km kearah selatan Kota Bangli, pura ini mempunyai keunikan dan merupakan akulturasi budaya antara Hindu dan Islam, didalam komplek pura terdapat suatu langgar yang berukuran 6x6 yang menyerupai mushola atau Langgar. Pura ini dikelilingi oleh kolam, dan secara historis pura ini dibangun sekitar abad 17 terkait dengan sejarah leluhur Puri Agung Bunutin yang berasal dari keturunan Kerajaan Blangbangan, Jawa Timur.

 

Pura Dalem Jawa (Langgar) (Pengelola Puri Agung Bunutin Ida I Dewa Gede Oka

Widiarsana Hp. 085737737677 dan Perbekel Bunutin Ida I Dewa Made Rai Adnyana Hp 08563930933)




16. DTW PANCORAN SOLAS

 

Pancoran solas merupakan daya tarik wisata spiritual atau religius yang terletak di Desa Bunutin Banjar Guliang Kangin, lokasi dari pusat Kota Kabupaten kira-kira 3 km, tempat ini sangat cocok sebagai tempat pembersihan diri dan DTW ini juga merupakan tempat pesucian dan melasti untuk pembersihan pretima dari pura sekitarnya. Lokasi DTW Pancoran solas memiliki view alam dengan latar belakang tebing yang berada di wilayah Kabupaten Klungkung. Untuk menuju DTW ini telah ditata dengan rapi anak tangga yang dibuat berbelok-belok

 

Pancoran Solas (Dikelola oleh STT dan Pok Darwis) Kelian Adat Ngakan Putu Suarsana Hp 08123666676




 17. DTW PENGLUKATAN BEJI SELATI

DTW ini merupakan daya tarik wisata religius yang diperuntukan untuk melukat, awalnya tempat ini merupakan tempat areal pesucian untuk melasti dan pembersihan pretima saat akan ada upacara piodalan di Pura terdekat. Menuju lokasi ini disuguhi pemandangan sawah dan aliran sungai berbatasan dengan Kabupaten Gianyar dengan air yang sangat jernih.




18. DTW DESA WISATA PONGOTAN 


DTW Desa Adat Pengotan merupakan salah satu desa tradisional yang terletak di arah utara kota Bangli. Letak lokasi Desa Wisata Pengotan

 


19. DTW DESA TRADISIONAL PENGLIPURAN 


Desa Wisata Penglipuran sudah terkenal dimana-mana dengan jarak sekitar 5 Km dari pusat Kota Bangli, lokasi Desa Wisata Penglipuran terletak di Kelurahan Kubu Kecamatan Bangli dengan luas wilayah desa seluas lebih kurang 112 Ha. Potensi yang dimiliki desa ini selain arsitektur angkul angkul juga terdapat Hutan Bambu dan Tugu Pahlawan serta budaya yang khas dan oleh - olehnya loloh cem-cem. Potensi daya tarik utama Desa Penglipuran berupa pola perkampungan penduduknya yang bersifat linier dan simetris serta arsitektur rumah tradisional khas Penglipuran yang dilengkapi dengan angkul-angkul.

 

Desa Wisata Penglipuran (Pengelola Desa Adat, Ketua Pengelola I Nengah Moneng Hp

082144557667 dan Bendesa Adat I Wayan Supat Hp. 08123674168)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Lembaga Desa Pakraman/Adat dalam Pelestarian Desa Tradisional Penglipuran Kubu Kabupaten Bangli